Sabtu, 04 September 2010

REVIEW buat KOTA SAMARINDA

Tugas Eykee.............

Kota samarinda terbentuk sejak ditetapkan pada tanggal 21 Januari 1668 M, bertepatan dengan tanggal 5 Sya'ban 1078 H" penetapan ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan hari jadi kota Samarinda ke 320 pada tanggal 21 Januari 1980. Diperkirakan dari istilah inilah lokasi pemukiman baru tersebut dinamakan SAMARENDA atau lama-kelamaan ejaan "SAMARINDA”. Samarinda merupakan kota yang banyak dilewati oleh sungai maka tidak heran apabila banyak pusat kegiatan pemerintahan di kota Samarinda berjalan diwilayah dekat sungai. Potensi perekonomian Kota Samarinda menonjol karena memproduksi bahan baku yang diolah pada berbagai industri seperti : Industri Pengolahan Rotan, serta industri Pengrajin Kayu. Selain industri menengah, juga memiliki potensi industri rumah tangga atau produk kerajinan rakyat seperti : batu-batuan, rotan, peralatan dan hiasan tradisional.disisi lain perkembangan sektor ekonomi di Kota Samarinda juga berkembang melalui sektor pariwisata seperti: Air terjun Tanah Merah, Kebun Raya Samarinda, Cagar Budaya Suku Dayak, Mesjid Tua Samarinda Seberang, serta potensi Wisata di sepanjang Sungai Mahakam.

Ibu kota Kalimantan Timur ini tidak hanya berkembang pada sektor ekonomi kotanya saja namun juga berkembang pada sektor pembangunan kotanya, seperti dapat dilihat apabila pada siang hari memang terlihat seperti kota-kota besar lainnya yang semrawut dan macet yang berlebih namun pada malam hari di Kota Samarinda sangat berbeda dengan situasi yang demikian karena pada malam hari terasa sangat lengang dan nyaman.
Namun pada saat sekarang ini banyak tumbuh masalah kompleks yang butuh perhatian lebih dari pemerintah daerah setempat seperti misalnya kurang terkontrolnya transmigrasi dari daerah yang penduduknya jauh lebih padat ke Kota Samarinda, maka tak ada pilihan lain penduduk pasti memilih tinggal di bantaran sungai yang mengakibatkan kawasan tersebut semakin parah dan terasa tidak nyaman.Lebih lanjut lagi pada saat sekarang ini pemerintah kota Samarinda sedang mengupayakan perubahan atau perkembangan kawasan dalam segi pertanian Sektor pertanian kota yang berbasis teknologi modern atau berbasis geoteknologi merupakan arah pembangunan pertanian perkotaan di Kota Samarinda. Penerapan kebun kota sebagai bagian dari pertanian perkotaan adalah salah satu solusi pencapaian sukses dalam segi pertanian. Ciri khas pertanian perkotaan adalah bertanam dengan memanfaatkan lahan yang terbatas misalnya pekarangan rumah atau menggunakan wadah. Komoditi yang dapat dikembangkan terutama adalah jenis sayuran dan buah-buahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar